Penyakit Paling Mematikan Untuk Pengusaha

Serem yah judulnya , sesuai dengan apa yang mau kita bahas saat ini. Memenangkan lomba wirausaha muda mandiri memberi banyak pelajaran baru bagi saya, salah satunya menyadari adanya  penyakit paling bebahaya yang mematikan pebisnis yaitu kata-kata 

Saya Sudah tahu Kok 

Yups meruntuhkan blok”  i know “ di kepala kita emang susah. Apalagi jika kita sudah pernah berguru ke orang yang mungkin menurut kita sudah sangat jago dalam hal bisnis. Penyakit “ i know”   menjadi benteng, pelindung, sekaligus tanpa sadar menjadi alat perisai yang menahan  informasi dan ilmu baru masuk ke kepala kita. Saya bersyukur para mentor bisnis kami di Mandiri Inkubator Bisnis  mengenalkan jenis penyakit ini lebih awal.
Illustratiion By Blog.Credit

Bertemu orang baru , kasus baru , kejadian baru adalah pelajaran bagi pebisnis. Masalahnya adalah banyak di antara kita yang menutup diri dengan pelajaran baru itu hanya karena ego dan blok “ i know di kepala “ dan yang paling parah mengkultuskan bin meyakini bahwa ilmu bisnis yang sudah kita kuasai adalah yg sudah paling benar. Kita lupa bahwa ekosistem bisnis terus berubah, industri bisa berganti wajah hanya dalam hitungan bulan.

Bagaimana kabar Nokia ? Apakabar Blackberry yang digadang gadang jadi pemenang setelah nokia? Yang sebesar itu saja runtuh apalagi bisnis kita yang cuman seuprit , sialnya kita sudah merasa paling tahu dalam hal manajemen bisnis. Menutup diri dari ilmu baru, merasa alergi dengan konsep dan strategi yang diajarkan oleh orang lain .

Tulisan ini mengajak teman-teman pemula, untuk meruntuhkan blok “ i know “ di kepala kita. Karena setiap orang baru, kasus baru, moment yang terjadi adalah pelajaran bagi kita. Menutup diri hanya akan membuat kita secara perlahan terkebelakang dari segi pengatetahuan, tak mau mendengar pendapat orang lain akan membuat kita semakin besar dengan ego kita dan lupa bahwa bisnis tak mungkin bisa berkembang hanya dengan se upil ilmu yang kita punya. Mari belajar dari siapa saja.
Salam




Rizal Kasim
Rizal Kasim

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar