Orang
indonesia dekat hal-hal yang berbau budaya dan keyakinan, lihat saja di
beberapa daerah bagaimana para tetua kita berusaha mengarahkan tanggal
pernikahan dengan mempertimbangkan banyak hal. Bagaimana dengan bisnis? apakah angka-angka juga punya misteri? berikut
saya sajikan hasil mbolang saya ke beberapa jurnal marketing .
Pernah
belanja produk dengan harga Rp.39.999 ? coba perhatikan informasi harga yang
ada di etalase supermarket. Saya pribadi menemukan banyak harga yang diakhiri
dengan angka 9 di Indonesia. Pertanyaannya apakah ini berdampak pada penjualan
? Apa bedanya jika harga di atas diberi angka Rp.40.000?
Pada
tahun 2005 Thomas and Morwitz melakukan
penelitian dengan judul "the
left-digit effect in price cognition." penelitiannya memberikan kesimpulan
bahwa angka 9 yang muncul pada akhir harga membuat manusia merasa harga
tersebut lebih murah padahal angkanya hanya beda 1 sen saja. Catatannya
pergantian angka 9 harus diikuti oleh
angka awal misalnya Rp.30.000 dibuat menjadi Rp.29.999, Angka 2 di awal lebih
murah dari angka 3. Bagaimana jika Rp.36.000 dibuat menjadi Rp.35,999 ? apakah
efeknya sama ? Tidak sama sekali karena angka pertama tidak berubah. Ini
berarti strategi di atas tidak bisa digunakan untuk semua harga.
Untuk menguatkan
data di atas, Universitas Chicago dan MIT melakukan eksperimen menjual baju
wanita dengan 3 harga berbeda di beberapa waktu berbeda yaitu $34, $39 dan $44
hasilnya penjualan baju wanita dengan harga $39 lebih banyak dibandingkan yang
lain.
Ada yang mau coba di
bisninya ? Share tulisan ini jika bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar