Pesona Angka 9 Pada Harga


Orang indonesia dekat hal-hal yang berbau budaya dan keyakinan, lihat saja di beberapa daerah bagaimana para tetua kita berusaha mengarahkan tanggal pernikahan dengan mempertimbangkan banyak hal. Bagaimana dengan bisnis?  apakah angka-angka juga punya misteri? berikut saya sajikan hasil mbolang saya ke beberapa jurnal marketing . 

Pernah belanja produk dengan harga Rp.39.999 ? coba perhatikan informasi harga yang ada di etalase supermarket. Saya pribadi menemukan banyak harga yang diakhiri dengan angka 9 di Indonesia. Pertanyaannya apakah ini berdampak pada penjualan ? Apa bedanya jika harga di atas diberi angka Rp.40.000? 



Pada tahun 2005  Thomas and Morwitz melakukan penelitian dengan judul "the left-digit effect in price cognition." penelitiannya memberikan kesimpulan bahwa angka 9 yang muncul pada akhir harga membuat manusia merasa harga tersebut lebih murah padahal angkanya hanya beda 1 sen saja. Catatannya pergantian angka  9 harus diikuti oleh angka awal misalnya Rp.30.000 dibuat menjadi Rp.29.999, Angka 2 di awal lebih murah dari angka 3. Bagaimana jika Rp.36.000 dibuat menjadi Rp.35,999 ? apakah efeknya sama ? Tidak sama sekali karena angka pertama tidak berubah. Ini berarti strategi di atas tidak bisa digunakan untuk semua harga. 

Untuk menguatkan data di atas, Universitas Chicago dan MIT melakukan eksperimen menjual baju wanita dengan 3 harga berbeda di beberapa waktu berbeda yaitu $34, $39 dan $44 hasilnya penjualan baju wanita dengan harga $39 lebih banyak dibandingkan yang lain. 

Ada yang mau coba di bisninya ? Share tulisan ini jika bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih
Rizal Kasim
Rizal Kasim

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar