Takut Mulai Bisnis ? Lakukan hal Ini

Punya ide bisnis setumpuk tapi jika tidak dieksekusi juga percuma. Memulai bisnis yang kita belum tahu ujungnya di mana pun memang butuh perjuangan, rata-rata terbentur pada rasa takut memulai, rasa takut akan gagal, rasa takut akan resiko yang akan dihadapi, bahkan bisnis belum dimulai kita sudah ketakutan. Bagaimana mengatasinya ? berikut beberapa hal yang saya lakukan


1.       Bertemanlah dengan orang-orang optimis
Temen mempengaruhi dan membentuk jati diri kita. Dengan siapa kita bergaul, apa yang kita bahas setiap hari dapat menentukan hidup kita di masa depan. Tidak mudah menemukan teman-teman atau kelompok yang mendukung kita berwirausaha. Akan banyak sekali orang-orang negatif di sekitar kita. Jauhi mereka, atau cukup dengar tapi tak perlu kita tanggapi. Bertemanlah dengan orang-orang yang optimis. Pilih temanmu untuk masa depan yan lebih baik.

2.       Bacalah biografi pengusaha sukses
Belum juga mulai tapi rasa takut sudah menggema di kepala. Kamu bisa mulai mengatasinya dengan membaca banyak kisah sukses pengusaha besar. Coba bayangkan bagaimana perjuangan mereka dengan kita ? kita bahkan belum apa-apa. Tantangan yang dihdapi lebih besar, teknologi belum memadai, transportasi untuk menuju kota lain sekedar business trip belum semurah dan semudah sekarang. Tapi mengapa mereka sukses ? kisah mereka adalah makanan untuk jiwa kita yang lemah. Cerita perjuangan para pengusaha baik nasional dan dunia  akan jadi obat kuat  kita.

3.       Tentukan goal yang jelas
Banyak yang takut jalan karena memang belum tahu ujungnya ada dimana, termasuk saya. Saya memulai Ceraproduction.com tanpa tahu ujungnya di mana. Rasa takut ? jelas besar khsusunya khawatir jika bisnis ini hanya akan membuang waktu saja. Saya putuskan menentukan goal jangka pendek terlebih dahulu agar mudah dicapai dan semangat saya terus membara jika hal-hal kecil bisa saya capai. Goal jangka pendek misalnya hasil bisnis bisa bayar uang semesteran, bisa mengirim ke orang tua uang bulanan, bisa membeli kendaraan sendiri dan lain sebagainya.Goal jangka pendek itu penting agar kita bisa capai segera dan bikin kita tetap semangat plus rasa takut kita perlahan mulai tergerus

4.       Jangan menunggu waktu yang tepat 
Tidak ada waktu yang tepat untuk memulai usaha. Tidak ada kesempatan yang ideal. Jika ingin berbisnis mulailah dari sekarang. Menunggu hingga ada modal, menunggu jika ada partner yang cocok, menunggu hingga selesai wisuda dan sebagainya hanya akan membuang waktu. Semakin cepat dimulai, semakin cepat kita mengatasi rasa takut yang jika dibiarkan terlalu lama malah akan menggunung sementara optimis di dada bisa menipis seiring lamanya menunggu waktu yang tepat.

Selamat mencoba.
Rizal Kasim : Ig : @djrizalkasim
Seorang strategic planner peraih Indonesia The Marketeers Youth Startup Icon dari tokoh pemasaran Asia Hermawan Kertajaya. Rizal juga merupakan pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2015 kategori wirausaha kreatif yang diselenggarakan Bank Mandiri. Rizal Fokus pada Creative Strategic Planning baik untuk Marketing , Digital Communication, Brand Activation dan Community Marketing. Beberapa brand yg pernah ditangani antara lain Bisnis Indonesia, Harian Jogja, Solopos, Pertamina, Garuda Indonesia, Bank BRI, Indosat, dan lain-lain.
Rizal Kasim
Rizal Kasim

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar