Rahasia Jitu Faldi Adisajana Mendulang Rupiah Dari PlanterCraft

Saya baru saja menyelesaikan proses panjang lomba Wirausaha Muda Mandiri, satu hal yang saya syukuri selain kemenangan di lomba ini adalah kesempatan mengenal banyak anak muda hebat dari seluruh Indonesia, termasuk belajar dari mereka. Saya akan membahas beberapa bisnis dan strategi finalis Wirausaha Muda Mandiri yang cukup menarik perhatian saya. Kali ini saya akan membahas Planter Craft, boneka lumut karya Faldi Adisajana , Mahasiswa Universitas Padjajaran Bandung.  

Image By : Tribun 
Planter Craft tiba-tiba saja booming di area expo Wirausaha Muda Mandiri, stand dipadati pengunjung bahkan sampai ada beberapa koleksi raib ke tangan yang usil. Stok Planter Craft pun ludes tak tersisa. Banyak orang yang tidak kebagian membeli produk unik ini termasuk saya. Planter Craft sendiri  adalah boneka lumut dengan berbagai macam pilihan bunga di kepalanya.

Pertanyaannya bagaimana produk mungil ini bisa menghipnotis banyak orang ? dalam salah satu kesempatan di bis, saya sempat berbincang dengan sang empunya ide.  Faldi menjelaskan bahwa salah satu syarat membuat produk Planter Craft adalah wajib “ lucu” maksimal, kalo bahasa anak gaul “cute beud” . Semua produk yang dibuat harus mampu membuat orang yang melihat terkesan dengan “keunyuan” Planter Craft . Di luar dari sisi harga,bahan baku yang digunakan dan keunggulan lainnya, standar “lucu” lah yang diyakini Faldi sebagai penentu apakah produk Planter Craft direspon dengan baik atau tidak.

Menurut saya strategi  ini  unik,  kadang kita lupa ke hal-hal kecil seperti masalah “imut/lucu/unyu” kebanyakan pengembang produk akan fokus ke masalah ketahanan produk, harga yang murah, fitur tahan lama dan sebagainya.  Khusus di bisnis retail, ke “imutan” produk harus diakui perlu digarap secara khusus karena pandang pertama adalah kesempatan untuk membuat target market jatuh cinta.
Sudahkan produkmu cukup  “unyu” ?

Rizal Kasim
Rizal Kasim

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar