Part 2-Transform ,Connect, Shine : 3 Strategi Memperbaiki Daya Saing Karyawan

Connect & Shine
Transformasi individu ternyata tidak cukup untuk meningkatkan daya saing, sebagai mahluk sosial manusia perlu bersosialisasi dengan lebih banyak orang agar dirinya mampu menyerap lebih banyak pendapat dan buah pemikiran yang berbeda. Untuk itulah Connect diperlukan. Saya merumuskan Connect ini sebagai sebuah tindakan untuk menyambung silaturahmi serta membentuk aksi kolaborasi dengan beberapa kelompok berikut 


Bersama Para Expert di Pinasthika Creative Festival

1.       Connect to the Expert, poin pertama ini menekankan setiap orang diharapkan mampu meningkatkan kualitas kemampuan lewat membangun hubungan baik dengan expert. Simplenya jika kita di bagian marketing, maka cobalah connect dengan para expert di bidang marketing. Jika Anda bekerja di bidang desain, carilah desainer idola Anda dan bangunlah hubungan dengan mereka. Bagiamana caranya ? teknologi menghadirkan email, social media dan lain-lain untuk mempermudah kita berkomunikasi. Dekatlah pada expert dengan  demikian kita punya kesempatan untuk mengetahui perkembangan keilmuan yang kita geluti, jika beruntung kita mungkin dapat kesempatan untuk bertemu dan belajar secara langsung. 

2.       Selain Expert kita juga perlu connect dengan komunitas. Baik komunitas dengan kumpulan orang-orang yang satu profesi dengan kita maupun komunitas yang membutuhkan bantuan kita untuk memecahkan masalah mereka. Saya akan coba fokus ke hal yang kedua. Berapa banyak ide kita yang sudah membantu kelompok tertentu? Jika kita ahli di bidang branding misalnya, sudah berapa banyak komunitas ukm misalnya yang kita bantu untuk memperbaiki brand mereka ?. Bangunlah hubungan dengan komunitas / kelompok yang membutuhkan buah pemikiran kita, semakin sering kita mengasah keahlian yang kita miliki dengan membantu orang lain, semakin tajam kemampuan kita dalam memecahkan masalah. 

Yang terkahir dari 3 strategi ini adalah Shine, Simplenya “ show your self” . Apa yang harus dilakukan ? jadilah pembicara di seminar, workshop, sarasehan dan sebagianya. Sebarkanlah ide atau suara kita di berbagai media. Shine !, bersinarlah. Bagikan apapun yang kita tahu kepada khayalak . Apa fungsinya ? agar lebih banyak orang mengenal kita. Bayangkan jika ini dilakukan oleh tim kita,  semua karyawan bisa melakukan ini. Perusahaan kita akan diisi dengan banyak orang terkenal. 
Sedang mengisi seminar di STMIK AMIKOM Jogja


Saya salah satu tipe orang yang awalanya tidak begitu percaya diri untuk berbagi dan mempublikasikan pada khayalak siapa saya dan apa mimpi saya. Saya  malu ketika disebut entrepreneur karena merasa belum pantas sehingga jika ada seminar tentang entrepreneurship sayapun menolak. Tapi pada akhinya saya sadar, sekecil apapun yang saya tahu itu harus dibagikan kepada orang lain tanpa perduli apakah saya sudah menjadi orang besar atau belum.
Selamat mencoba, terimakasih telah berkunjung ke blog saya.
Rizal Kasim
Rizal Kasim

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar