6 Hal Yang Saya Lakukan Untuk Menjaga Semangat Juang

Gimana ya bang cara biar semangat terus? Pertanyaan yang selalu muncul dari adik-adik peserta seminar. Jujur saya tidak tahu apa jawaban yg pas bagaimana menjaga semangat karena setiap orang punya rasa yang berbeda, masalah beda, sehingga penawarnya pun pasti beda. Apa yg saya lakukan untuk mengembalikan semangat juang belum tentu akan berhasil jika dilakukam oleh orang lain, tapi apa salahnya mencoba beberapa hal berikut? Inilah yg saya lakukan agar semangat tetap membara

1. Saya selalu berusaha bersyukur , bahwa apapun masalah yg sedang saya hadapi pastilah ujian dan ada solusinya. Bukan untuk sok alim, saya bersyukur karena sudah diberikan kesempatan hidup, nikmat yg banyak sekaligus masalah untuk belajar. Ini gak mudah, bersyukur benar benar butuh energi karena dengan ini hati kita akan lebih lapang dan pikiran bisa lebih tenang sehingga mengambil keputusan tidak gegabah.

2. Membaca biografi atau kisah perjuangan orang orang hebat yang menginspirasi dunia, untuk itulah saya punya banyak buku biografi, kisah sukses dan sejenisnya. Lewat buku  saya belajar perjuangan orang-orang besar dan akan timbul rasa dalam hati bawah perjuangan saya belum seberapa, belum ada secuail jika dibandingkan dengan para pengusaha sukses misalnya. Masalah saya belum apa2, lantas kenapa harus bersedih atau bermalas ria?

3. Olahraga, hmmm akhir -akhir ini saya lagi aktif ngegym. Menjaga kondisi tubuh tetap fit juga ternyata berpengaruh pada kondisi psikis kita, olahraga membuat saya lebih fresh setiap minggu. Selain ngengym saya juga aktif berenang, yg terakhir ini olahraga favorit saya

4. Kumpul dengan teman, berteman dengan penjual parfum ketularan wangi. Lingkungan sangat berpengruh maka pastikan kita punya temen yg baik, selalu memberi support dan mau diajak sharing, kadang kadang kita hanya butuh bercerita ke teman dan perasaan kita akan lega.

5. Datanglah ke event, hmm kelihatannya mustahil akan lega hanya dengan hahah hihihi di sebuah acara, eitsss jangan salah. Semakim banyak event yg kita kunjungi smakin banyak refrensi, suasana baru , dan inspirasi yg kita punya. Plus kenalan tentunya. Ini akan sangat membantu sebagai modal membangun semangat

6. Liburan singkat. Hmmm ada banyak tempat murah meriah untuk sekedar melepas penat. Main ke sungai, pemandian umum, air terjun atau bahkan ke pantai juga saya lakukan untuk menjaga semangat, saran yg terakhir ini butuh uang dan waktu hehehe.

Sepertinya ini aja yg bisa saya bagikan ke teman-teman, jika kalian punya cara khusus untuk mengembalikan semangat yg hilang, saya akan senang menmbacanya lewat koment di bagian bawah.

Rizal Kasim
Rizal Kasim

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar